Kenali Gejala dan Cegah Cacar Monyet

Foto Page Detail

World Health Organization (WHO) telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global (23/7). Sejak 1 Januari dan per 22 Juni 2022, 3.413 kasus yang dikonfirmasi dan satu kematian telah dilaporkan ke WHO dari 50 negara/wilayah di lima Wilayah WHO. Sedangkan baru-baru ini di Indonesia terdapat satu kasus suspek baru di Semarang, Jawa Tengah (3/8). Saat ini sedang dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Meskipun di Indonesia belum ada pasien yang terkonfirmasi positif Cacar Monyet, atau baru hanya kasus suspek kita tetap harus berhati-hati. Pertama-tama kita harus paham terlebih dahulu apa sebenarnya Cacar Monyet ini. Cacar Monyet sendiri adalah penyakit yang disebabkan virus monkeypox. Pada pasalnya, penyakit ini adalah penyakit zoonosis, yang berarti ditularkan dari hewan ke manusia. Penyakit ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Karena penyakit ini adalah penyakit menulur kita perlu berhati-hati jika berdekatan atau mengalami sendiri gejala Cacar Monyet ini. Berbicara mengenai gejala penyakit ini ada beberapa gejala yang perlu kita ketahui bersama agar kita dapat mengatasi dan mecegah penyebaranya jika terjadi di sekitar kita, diantaranya, demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit.

Foto Page Detail

Selain kita mengetahui gejala dari penyakit ini, kita juga perlu tahu bagaimana cara mencegahnya supaya kita tidak tertular penyakit ini. Berikut cara pencegahanya :

  1. Membatasi kontak dengan suspek atau yang sudah terkonfirmasi monkeypox
  2. Membatasi kontak dengan hewan yang berisiko menularkan seperti hewan pengerat dan primata
  3. Melakukan pembersihan secara berkala dan juga melakukan disinfeksi terhadap lingkungan yang ada kemungkinan terkontaminasi virus ini.
  4. Periksakan diri anda dan kontak erat anda jika anda mengalami gejala monkeypox
  5. Masak dengan matang bahan makanan yang mengandung daging hewan, supaya virus dan bakteri di dalamnya dapat benar-benar hilang.

Itu dia beberapa poin yang perlu kita bersama perhatikan supaya kita tidak terkena penyakit ini. Tetap berhati-hati meskipun saat ini belum ada kasus postif di Indonesia. Jangan sampai lengah tetap perhatikan kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar kita. Jangan sampai Cacar Monyet ini menjadi wabah penyakit di Indonesia.


Kembali
Charitas Mobile Care